Pages

Senin, 09 Mei 2011

KESEHATAN REPRODUKSI DALAM PERSPEKTIF GENDER

KESEHATAN REPRODUKSI DALAM PERSPEKTIF GENDER


Oleh: Dr. TRI RATIH AGUSTINA, dr., MARS



A.      DEFINISI KESEHATAN REPRODUKSI
       Suatu keadaan kesejahteraan fisik mental dan sosial yang utuh,bukan bebas dari penyakit atau kecacatan.Dalam segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi,fungsi serta prosesnya.    ( WHO ,1992 )/UU 36 /2009 PASAL 71 ayat  2. 

      B. DEFINISI GENDER
       
         Peran sosial dimana peran laki-laki dan perempuan ditentukan perbedaan fungsi,   perandan tanggung jawab laki-laki dan perempuan sebagai hasil konstruksi sosial yang dapat berubah atau diubah sesuai perubahan zaman peran dan kedudukan sesorang yang dikonstrusikan oleh masyarakat. dan budayanya karena sesorang lahir sebagai laki-laki atau perempuan. (WHO 1998)


         Perbedaan peran dan tanggung jawab perempuan dan laki-laki yang ditentukan secara sosial . Gender berhubungan dengan persepsi dan pemikiran serta tindakan yang diharapkan sebagai perempuan dan laki-laki yang dibentuk masyarakat,bukan karena biolologis.

      1.       Perbedaan biologis :
      a. Sistem perempuan > organ genital rahim >vagina,payudara,hormon estrogen, progrestron, ovum, sel telur, hamil, melahirkan, menyusui.
      b.Sistem Laki-laki > organ Penis, testis, hormon testosteron, sperma.

      2.       Perbedaan Sex :
      a. Sex Laki-laki : >Sebagai Kepala Keluarga no 1,  Subyek, Pencari nafkah, Menentukan, Menguasai, Lebih agresif, Pengambil keputusan Standar , Superior(Lebih penting) Sebagai pelindung > Pemimpin, Kesatria ( jantan ), Penampilan maskulin, tidak dapat mengendalikan dorongan sex. Fisik : lebih besar, berotot, mempunyai sperma untuk membuahi keturunan.
      b. Sex Perempuan : Sebagai ibu rumah tangga  no 2, Sebagai istri/pendamping suami (konco wingking), orang yang terlindungi, Tergantung (pasif ), Hamil, melahirkan, merawat, menyusui, memelihara, mendidik, Membantu, melengkapi, melayani, Sebagai obyek, inferior.

      C.C. Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Pria





      D. D. Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Wanita

      Iklan Untuk Diklik

      Cari Materi Disini